Hari Sabarno Divonis 2,5 Tahun Penjara

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Menteri Dalam Negeri Hari Sabarno divonis dua tahun enam bulan (2,5 tahun) penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Jakarta, Kamis (5/1). Vonis itu jauh lebih ringan dari tuntutan jaksa yang menuntut terdakwa selama 5 tahun penjara dan denda sebesar Rp250 juta subsider 8 bulan kurungan serta uang pengganti sebesar Rp50 juta subsider 3 bulan penjara.

JPU menilai Hari menyalahgunakan kewenangannya saat menjabat sebagai Mendagri dengan pembuatan radiogram pengadaan mobil pemadam kebakaran untuk 22 wilayah di Indonesia pada 2003 hingga 2005.

Menyatakan terdakwa Hari Sabarno telah terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi. Menjatuhkan pidana oleh karena itu dengan pidana selama dua tahun dan enam bulan,” papar majelis hakim dalam amar putusannya. Hari Sabarno pun dikenai denda sebesar Rp150 juta subsider tiga bulan kurungan penjara.

Menurut majelis hakim, Hari telah terbukti menguntungkan diri sendiri dan orang lain atau korporasi. Serta, Hari juga terbukti menyalahgunakan kewenangan sehingga mengakibatkan kerugian negara.

Majelis hakim menyatakan surat radiogram tanggal 13 Desember 2002 dijadikan dasar pembelian mobil damkar dengan metode penunjukkan langsung di daerah. Dan pembebasan bea masuk mobil damkar merk Morita dengan surat Oentarto. Sehingga memudahkan PT Satal Nusantara dan PT Istana Raya milik Hengky Samuel Daud menjual mobil damkar, yaitu berhasil menjual 200 unit mobil damkar tipe V 80 ASM dan delapan mobil damkar merk morita.

Surat radiogram dan surat pembebasan bea masuk yang dibuat oleh mantan Dirjen Otonomi Daerah (Otda), Oentarto Sindung Mawardi, dinyatakan oleh majelis hakim adalah atas sepengetahuan terdakwa.

Selain itu, telah terbukti tanggal 17 Februari 2003, terdakwa mendapat uang Rp376 juta dari Hengky melalui istrinya Ceny Kolondam untuk pengerjaan mebel di rumah terdakwa. Serta, terbukti juga penerimaan transfer uang sebesar Rp99 juta di rekening saksi Maria Kurniawati Budiman dari Hengky sebagai bagian pemesanan interior rumah terdakwa.

Kemudian, pada tanggal 8 November 2004, terdakwa terbukti telah menerima mobil merk Volvo seharga Rp808 juta dari Hengky melalui Ceny. Sehingga, unsur menguntungkan diri sendiri telah terbukti.

Majelis Hakim juga menilai bahwa terdakwa selaku Mendagri periode 2001-2004 selaku atasan Oentarto, seharusnya bisa mengambil kebijakan ketika mengetahui bawahannya tersebut membuat radiogram. Tetapi, sebaliknya tidak mengambil tindakan dan cenderung menyetujui.

Sesaat setelah vonis dijatuhkan, Hari Sabarno langsung mengatakan tidak bisa menerima vonis itu, ia menyatakan akan banding.

Dalam sidang sebelumnya, Hari saat membacakan pledoi (pembelaan), mengaku menyesal tidak menyadari adanya kejanggalan dalam proses pengadaan mobil damkar melalui radiogram.(DSY)

 

Sumber : http://www.metrotvnews.com/index.php/read/newsvideo/2012/01/05/142770/Hari-Sabarno-Divonis-2-5-Tahun-Penjara/1

 

Pendapat Saya   :

 

Menanggapi kasus penangkapan dan pemberian vonis terhadap Hari Sabarno, kurang cukup tegas. Karena menurut saya kasus seperti ini sudah pasti tentu akan bercabang dan melahirkan para pelaku korupsi yang lainnya. Dengan mendapat keringanan hukuman dari hakim. Lebih baik para pelaku korupsi diberi hukuman kurangan penjara seumur hidup, karena sama seperti hal nya membunuh rakyat sendiri. Lebih baik dana nya itu untuk memakmurkan rakyat yang masih berada di bawah garis kemiskinan. Hukuman seumur hidup itu pun, mungkin dapat membuat efek jera bagi para pelaku korupsi lainnya yang masih belum tertangkap.

 

Solusi untuk kasus tersebut, perlu diadakan pengawasan yang lebih ketat dari pemerintah atau utusan pemerintah agar tidak ada penyelewengan anggaran dana. Majelis hakim tipitkor (tindak pidana korupsi), sebaiknya memberi sanksi yang cukup berat bahkan sangat berat, seperti saya sebutkan diatas. Pihak KPK (komisi pemberantasa korupsi) pun harus lebih bertindak disiplin terhadap tindakan korupsi yang menguntungkan individu dari terdakwa korupsi.

About aboedblackeye

i'm human

Posted on January 10, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: