keuntungan sampah

Anda mungkin pernah mempelajari 3M, yakni mengurangi, mempergunakan kembali dan mendaur ulang sewaktu masih duduk di bangku Sekolah Menengah Tingkat Atas dalam mata pelajaran IPA bab ekologi. Anda mungkin juga ingat saat mengikuti beberapa proyek panjang saat mempraktekkan 3M.

Suatu praktek sederhana dapat Anda coba sendiri di rumah, dengan barang-barang rumah tangga yang biasa untuk dijadikan kompos.

Membuat kompos dari sampah rumah tangga memberikan banyak sekali keuntungan bagi Anda dan lingkungan sekitar karena ia menjalankan prinsip kerja dari mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang kembali.

Barangkali Anda pernah mendengar sekelompok orang yang peduli lingkungan sedang membicarakan pembuatan kompos dari rumah, taman atau toilet.

Ada beberapa macam metode pembuatan kompos, tetapi proses yang umum terdiri dari : proses untuk mempermudah pembusukan material berbahan dasar organik seperti sampah taman, makanan bahkan kain tiras — yang akan berberubah menjadi tanah yang kaya akan nutrisi.

Kompos yang telah diolah dengan baik seharusnya memiliki sedikit bau atau sama sekali tidak berbau. Ada banyak buku dan situs internet yang menawarkan “cara- cara” berbagai produk untuk membantu Anda. Maka di sini, kami akan menunjukkan secara sederhana keuntungan-keuntungan tersebut.

Salah satu keuntungan membuat kompos adalah mengurangi jumlah sampah yang Anda buang dan yang harus dikumpulkan oleh tukang sampah, maka ini akan berefek pula, mengurangi penggunaan lahan kosong.

Semua plastik-plastik sampah yang kita gunakan untuk mengisi benda-benda yang akan dibuang itu membutuhkan jangka waktu yang luar biasa lama baru dapat diuraikan. Jika Anda menaruh bahan organik dalam sebuah plastik sampah, itu juga akan memperpanjang waktu yang diperlukan untuk dapat mengurainya.

Jumlah lahan kosong yang ada adalah terbatas. Umat manusia sudah memakai banyak sekali dari lahan-lahan tersebut. Dengan laju pertumbuhan populasi manusia yang pesat, jumlah sampah yang kita hasilkan, tanpa bisa dihindari juga akan meningkat secara pesat.

Jika kita tidak mulai mencari cara untuk mengurangi sampah yang terus menerus kita buang ke tanah, hal itu akan menjadi suatu masalah yang jauh lebih serius pada masa mendatang yang tidak terlalu lama. Keuntungan besar yang dapat kita peroleh dari membuat kompos adalah hal ini dapat mengurangi banyaknya sampah yang kita buang.

Masyarakat kita sudah menjadi sebuah masyarakat yang “sekali pakai buang”. Mainan, barang elektronika, produk makanan, dan berbagai ribuan jenis barang lainnya telah dibuat untuk pemakaian hanya beberapa kali saja setelah itu dibuang.

Membuat kompos memungkinkan Anda untuk mengambil sesuatu yang sudah akan dibuang dan menjadikannya sebagai sesuatu yang dapat dimanfaatkan. Untuk itu ia lalu didaur ulang.

Bahan yang telah didaur ulang untuk selanjutnya dapat digunakan sebagai tanah di kebun atau pada pot tanaman Anda. Jika Anda bukan seorang tukang kebun, berikanlah tanah yang berharga ini kepada tetangga Anda yang berkebun, atau sekedar tambahkan dan kembalikan tanah baru yang sehat itu ke dalam tanah.

Pikirkanlah keuntungan-keuntungannya dan pertimbangkanlah untuk membuat kompos. Jika semua kaleng, botol, plastik dan kertas yang tidak terpakai telah Anda daur ulang dan menjadikannya sebagai kompos, masih adakah yang akan Anda buang? Ini adalah suatu cara yang luar biasa untuk menolong dunia dan diri Anda sendiri secara serempak.

Situs internet berikut ini menawarkan wawasan yang lebih dalam tentang cara membuat kompos. Silahkan untuk melihatnya di:

en.wikipedia.org/wiki/C omposting, composters.com,
ecologue.com/ShowTopi c/composting, gardeners.com/Composting

About aboedblackeye

i'm human

Posted on June 9, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: